Ribuan Umat Islam Hadiri Peringatan Maulid Nabi & Haul Hj Nurhayati di Banjarmasin

Keluarga besar Hasnur Group menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul ke-4 Hj Nurhayati Sulaiman HB di kediaman H Abdussamad Sulaiman HB (alm), Kampung Melayu Darat, Banjarmasin, Selasa (19/11/2019) malam.

Peringatan tersebut dihadiri para ulama dari Kalimantan Selatan serta alim ulama dari dalam maupun luar negeri. Tampak hadir ulama terkenal dari Banua yang juga Penasihat PS Barito Putera, KH Ahmad Zuhdianoor atau yang akrab disapa dengan sebutan Guru Zuhdi. Hadir pula KH Syaifuddin Zuhri, salah satu sahabat karib mendiang Guru Sekumpul. Berikutnya ada Habib Quraisy bin Gasim Baharun dari Cirebon Jawa Barat, Al Habib Musa Kadzim bin Ja`far Assegaf Ba`alawi dari Tarim Hadramaut, Al Habib Muhammad bin Umar bin Hafidz (putera ulama terkenal asal Tarim Hadramaut Al Habib Umar bin Hafidz), Habib Fahmi Al Muhdor dari Probolinggo, Habib Muhammad bin Habib Umar Assegaf, Habib Ali Zainal Abidin, serta Syeikh Ridwan bin Kartim Al Amri yang juga dari Hadramaut Yaman.

Selain para habib dan habaib serta alim ulama, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman almarhum Haji Leman juga dihadiri para pejabat anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Selatan, para bupati dan walikota di Kalimantan Selatan, tokoh politik, kalangan pengusaha serta pimpinan instansi TNI/Polri, pemerintahan, swasta, juga Ormas. Turut hadir juga jajaran komisaris, direksi serta para karyawan Hasnur Group dan ofisial beserta para penggawa tim Laskar Antasari, julukan Persatuan Sepakbola (PS) Barito Putera.

Banyaknya jamaah yang menghadiri acara tersebut tak lain dikarenakan tampilnya penceramah dari Hadramaut. Mereka datang dari berbagai pelosok wilayah di Kalimantan Selatan, bahkan ada pula yang mengaku berasal dari luar Provinsi Kalimantan Selatan. Para jamaah pun terlihat penuh antusias mengikuti jalannya acara sejak awal hingga akhir.

Pihak keluarga yang diwakili H Hasnuryadi Sulaiman tak lupa mengucapkan terima kasih tiada terhingga. "Atas nama keluarga besar Abah (Almarhum Haji Abdussamad Sulaiman HB) dan Mama (Almarhumah Hajjah Nurhayati), saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang berkenan hadir malam ini, termasuk para habib dari Hadramaut, serta habib berbagai penjuru Tanah Air, ulama Banua dan tokoh Banua lainnya," kata Hasnur.

Hasnur mengenang, ibundanya menikah dengan Abah saat berusia masih sangat muda, yakni 16 tahun. "Abah dan Mama kemudian mendirikan perusahaan Hasnur Group, yang merupakan singkatan dari HAS singkatan nama Abah dan Nur nama Mama," kenang Manajer PS Barito Putera itu.

"Hasnur Group merupakan bentuk cinta beliau berdua untuk mengabdi kepada agama, Banua dan Tanah Air tercinta. Abah meninggal tanggal 14 Juni tahun 2015 dan Mama tujuh bulan kemudian, tepatnya tanggal 2 Januari tahun 2016. Mama meninggal saat menjalankan ibadah umrah," imbuh Hasnur seraya mengucapkan dirinya mewakili seluruh anak dan cucu Haji Leman serta Hajjah Nurhayati memohon doa agar keduanya diberikan tempat terbaik dan mulia di sisi Allah SWT.

"Kami anak dan cucu HA Sulaiman HB mohon bimbingan pian berataan, masyarakat Banua. Kami anak cucu bisa melanjutkan cinta dan pengabdian kepada Islam, Banua serta Tanah Air melalui Yayasan Hasnur Centre, Keluarga Besar Barito Putera dan lain-lain," kata Hasnur sembari menandaskan dirinya berharap semoga seluruh yang hadir akan bertambah iman dan takwanya kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan mengaplikasikan sifat-sifat mulia dan luhur Nabi Muhammad SAW, sambung Hasnur, diharapkan segala amal dan perbuatan yang dilaksanakan benar-benar membawa perubahan yang nyata dalam kehidupan masyarakat.

Sedangkan Habib Musa Al-Kadzim Assegaf dalam tausiyahnya yang diterjemahkan oleh Habib Quraisy Baharun, menjelaskan betapa pentingnya peran Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah menyebarkan agama Islam. "Dalam memperjuangkan amanat Allah, Nabi Muhammad tanpa kenal lelah mengagungkan Islam. Mengajak orang-orang yang kafir dengan membimbingnya ke agama Allah semata mata untuk menyelamatkan mereka," pesan Habib Musa kepada seluruh jamaah.

Setelah tausiyah dari Habib Musa, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama yang dilanjutkan ramah tamah dengan para jamah dan tamu undangan yang hadir.
-->