Peringatan Hari Ulang Tahun Hasnur Group ke-52


Hasnur Group genap berusia 52 tahun pada Senin, 27 Agustus 2018. Selama 52 tahun Hasnur Group telah berkiprah tidak hanya di Banua namun juga turut berkontribusi pada tingkat nasional dan internasional. Hasnur Group mengalami banyak transformasi ke arah yang lebih baik. Beberapa tantangan telah dapat dilewati dengan baik, visi dan misi menjadi tujuan dan target perusahaan, nilai-nilai perusahaan telah ditanamkan kepada karyawan untuk dapat terus termotivasi dan bekerja keras. Tagline perusahaan telah dijadikan budaya bekerja karyawan agar terus tumbuh dan berkembang bersama.

Pada ulang tahun ke-52 ini, Hasnur Group mengusung tema “Kerja Tuntas Berkualitas untuk Meraih Keberkahan”. Tema ini diharapkan dapat menjadi motivasi manajemen dan karyawan Hasnur Group untuk dapat menuntaskan segala macam tugas yang menjadi bagian masing-masing dengan memberikan kualitas pekerjaan yang terbaik untuk Hasnur Group agar dapat meraih keberkahan dari Allah SWT atas peran serta Hasnur Group dalam pembangunan, baik dibidang ekonomi, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Perayaan ulang tahun kali ini dilakukan dengan beberapa kegiatan sesuai dengan arahan Presiden Direktur Hasnur Group. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Hasnur Group dimulai dengan kegiatan perlombaan olahraga yang diadakan di kantor-kantor operasional Hasnur Group Jakarta dan Kalselteng. Kegiatan tersebut sudah dimulai pada awal Agustus 2018.


Selanjutnya kegiatan bakti sosial keagamaan berupa bersih-bersih masjid/mushola dilakukan pada hari Minggu (19/08) di 5 desa sekitar wilayah usaha PT Barito Putera Plantation, yaitu Desa Antar Baru, Desa Antar Raya, Desa Antar Jaya, Desa Balukung dan Desa Palingkau. Kemudian kegiatan bersih-bersih masjid/mushola dilakukan kembali secara serentak sebanyak 14 masjid/mushola pada hari Jumat (24/08) di beberapa wilayah, diantaranya sekitar wilayah kantor KM 1 Desa Sungai Puting sebanyak 4 masjid/mushola, sekitar wilayah kantor KM 94 Desa Pulau Pinang Utara sebanyak 1 masjid/mushola, sekitar wilayah kantor PT Energi Batubara Lestari sebanyak 2 masjid/mushola, sekitar wilayah kantor PT Hasnur Riung Sinergi sebanyak 2 masjid/mushola, sekitar wilayah kantor PT Hasnur Citra Terpadu sebanyak 3 masjid/mushola, sekitar wilayah kantor PT Bhumi Rantau Energi sebanyak 1 masjid/mushola dan sekitar wilayah kantor Alalak sebanyak 1 masjid/mushola. Total keseluruhan masjid/mushola yang telah dibersihkan sebanyak 19 masjid/mushola. Kegiatan bersih-bersih masjid/mushola tersebut melibatkan karyawan Hasnur Group di masing-masing kantor dan pengurus serta masyarakat sekitar.

Tidak hanya melakukan kegiatan bakti sosial keagamaan berupa bersih-bersih masjid/mushola saja, namun dilakukan juga bakti sosial kesehatan berupa donor darah dan pengobatan gratis di sekitar wilayah usaha Hasnur Group. Bakti sosial donor darah dilakukan di 3 lokasi yang berbeda yaitu sekitar wilayah usaha PT Barito Putera Plantation, Marabahan pada hari Senin (20/08), sekitar wilayah usaha PT Hasnur Citra Terpadu, Sungai Puting Km 12 pada hari Selasa (21/08) dan pada saat Pekan Olahraga Hasnur Group 2018 di Lapangan Futsal Borneo, Alalak pada hari Sabtu (25/08). Adapun total pendonor di 3 lokasi tersebut yaitu PT BPP sebanyak 55 pendonor, PT HCT sebanyak 63 pendonor dan Lapangan Borneo Futsal sebanyak 24 pendonor.

Sedangkan untuk bakti sosial pengobatan gratis dilakukan pada hari Jumat (24/08) di 2 lokasi berbeda yaitu di Desa Sungai Bahalang dan Desa Pandahan. Antusiame warga sekitar terhadap kegiatan ini sangat luar biasa dan sesuai dengan harapan perusahan. Tercatat sebanyak 100 orang disetiap lokasi mengikuti pengobatan gratis ini.

Selain kegiatan bakti sosial, peringatan HUT Hasnur Group ke-52 juga diisi dengan pelaksanaan shalat hajat yang dilakukan secara serentak pada hari Minggu (26/08) di seluruh kantor operasional Hasnur Group baik di Jakarta, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kegiatan shalat hajat ini secara rutin dilakukan setiap tahun sebagai warisan nilai-nilai religi yang diajarkan oleh Founder Hasnur Group Almarhum Ayahanda H. Abdussamad Sulaiman HB dan Almarhumah Ibunda Hj. Nurhayati.


Hasnur Group sangat mengedepankan nilai nilai religi di setiap kegiatan perusahaan. Hal itu tercermin dengan dilaksanakannya juga kegiatan ziarah ke makam ulama, auliya dan pejuang di Jakarta, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Karyawan Hasnur Group Jakarta pada hari Minggu (26/08) melakukan kegiatan ziarah ke makam ulama Al-Habib Husein Bin Abubakar Alaydrus (Luar Batang), Makam Al-Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas (Empang Bogor), Makam Habib Ahmad Bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung) dan Makam Habib Munzir Al Musawa di Kalibata. Adapun karyawan Hasnur Group Kalimantan Selatan dan Tengah melaksanakan ziarah pada hari Senin (27/08). Selain ziarah ke makam founder Hasnur Group, ziarah juga dilakukan di beberapa tempat antara lain Makam Sultan Suriansyah, Makam Pangeran Antasari, Makam Guru Sekumpul, Makam Datu Kelampayan dan Makam Datuk Sanggul.

Puncak acara rangkaian HUT Hasnur Group ke-52 dilaksanakan di Overpass Sungai Puting Km 1, Tapin (27/08) yang melintas di atas jalan hauling menuju terminal Sungai Puting, menyambung jalan umum Kabupaten Batola – Kabupaten Tapin. Sungai Puting merupakan kawasan terpadu Hasnur Group yang terdiri dari perkebunan, jalan hauling dan pelabuhan khusus batubara. Pada puncak acara ini dihadiri oleh 520 karyawan Hasnur Group.

Sebagai salah satu bentuk syukur di hari jadinya, Hasnur Group memberikan beasiswa sekolah kepada anak-anak di sekitar kawasan usaha, selain itu juga sebagai bentuk perhatian kepada karyawan Hasnur Group memberikan hadiah perjalanan umroh dan ziarah wali songo. Pemberian beasiswa maupun ibadah umroh ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kebaikan serta memacu semangat dalam upaya terus memajukan Hasnur Group.

Rangkaian kegiatan HUT Hasnur Group ke-52 ditutup dengan acara Peresmian dan Perkenalan Lapangan Sepakbola Mini, Bus dan Jersey serta Tim U-16 & U-19 yang berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Selasa Malam (4/09). Acara dikemas dengan sederhana namun penuh makna khususnya bagi pendukung setia Laskar Antasari, sebutan untuk klub sepakbola PS Barito Putera dimana pada acara tersebut diluncurkan pertama kalinya bus baru PS Barito Putera yang selama ini dinantikan serta jersey original edisi 30 tahun PS Barito Putera. Pada acara tersebut, hadir ulama besar dari Banjarmasin KH. Zuhdiannor atau lebih dikenal dengan Guru Zuhdi dan juga turut hadir pejabat-pejabat pemerintahan.

Berbagai kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur Hasnur Group atas segala pencapaian yang telah diraih. Diharapkan kedepannya Hasnur Group semakin maju dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat, bangsa dan negara.