Peringatan Haul Jama dan Buka Puasa Bersama


Peringatan Haul Jama sekaligus berbuka puasa bersama oleh keluarga besar Hasnur Group, berlangsung di kediaman Founder Hasnur Group, Almarhum H. Abdussamad Sulaiman HB, Jalan Kampung Melayu Darat, Banjarmasin, Minggu (20/5/2018). Sejumlah pejabat pemerintahan turut hadir pada peringatan haul ini, di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Bupati Barito Kuala, Hj Normiliyani, dan Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah.

Haul tersebut untuk mengenang mendiang Ayahanda Haji Abdussamad Sulaiman Bin Haji Basirun, Haji Basirun Bin Haji Muhammad Noor dan Haji Anang Dullah Bin Ibak.


Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan Keluarga Besar Almarhum H. Abdussamad Sulaiman HB, Hasnuryadi Sulaiman, mengatakan peringatan Haul ini adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu digelar oleh keluarga besarnya.

"Ini merupakan bentuk bakti kami sebagai anak, kepada Abah juga para leluhur, kakek kami. Setiap tahun kami gelar untuk menunjukkan rasa cinta kami terhadap para orangtua kami," ujarnya.

“Kita memang sangat merasakan kehilangan beliau, akan tetapi semangat untuk bangkit dan suri tauladan yang telah beliau ajarkan kepada kita semua tak akan hilang sampai kapan pun dan dalam kondisi apa pun. Hal ini sebagaimana pesan beliau yang pernah beliau ucapkan kepada kami putera-puteri beliau, yakni : “Jasad saya boleh mati, tapi pengabdian untuk banua tercinta tak boleh mati,” tambah Hasnur.

Pada kesempatan tersebut, Hasnur juga memohon kesediaan para alim ulama, habaib, guru-guru agama dan tokoh masyarakat serta para undangan untuk mendo’akan almarhum Ayahanda Haji Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun, sehingga perjalanan beliau menghadap sang Khalik berlangsung dengan tenang.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, beliau berharap para ulama di Kalsel ikut serta mendukung dan mendoakan agar pembangunan di Bumi Lambung Mangkurat dapat berjalan baik sesuai dengan aturan yang berlaku. “Ini bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang ditunggu-tunggu kaum muslimin seluruh dunia. Saya meminta tolong doa kepada para ulama agar pembangunan di Pemprov Kalsel berjalan sesuai dengan rel kebenaran dan sesuai dengan keinginan umat. Maka hal itu hanya bisa dilaksanakan bila semua komponen bersatu. Tidak ada pemerintahan yang sukses tanpa partisipasi semua pihak, tanpa peran kita semua,” ucapnya.

Pada sambutannya juga, Paman Birin mengaku mengagumi sosok H Sulaiman HB, kedermawanan dan rasa sosial yang tinggi menjadi sisi yang dapat diteladani.

Acara dilanjutkan dengan Tausiyah dari dua orang penceramah, yakni Habib Quraisy Baharun yang memberikan materi mengenai perjuangan H Sulaiman HB semasa hidupnya yang tidak pernah meninggalkan agama serta selalu taat beribadah hingga ajal tiba.

Serta dilanjutkan Tausiyah dari Guru Jaro, yang membahas mengenai tingkatan puasa yang baik dan benar. Tidak hanya menahan hawa nafsu, namun seluruh pikiran hanya tertuju kepada Allah SWT.

Setelah tausiyah, waktu berbuka puasa telah tiba. Seluruh hadirin yang datang dipersilakan menyantap takjil kemudian dilakukan salat maghrib berjamaah.




(Sumber : Berbagai Sumber)