This web page requires JavaScript to be enabled.

JavaScript is an object-oriented computer programming language commonly used to create interactive effects within web browsers.

How to enable JavaScript?

Hasnur

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Aktifitas CSR


PT Hasnur Citra Terpadu sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit unit bisnis Hasnur Group, yang beroperasional di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tapin senantiasa membantu kesejahteraan masyarakat dengan program-program CSR. Banyak program yang telah diimplementasikan oleh tim CSR PT HCT khususnya dibidang ekonomi.

Baru-baru ini program yang telah dikembangkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Pulau Pinang Utara yakni berupa bantuan peternakan ikan dengan metode bioflok. Bantuan yang disalurkan ialah sebanyak 700 bibit ikan nila, pakan ikan dan peralatan bioflok seperti jaring, aerator dan lainnya. Ikan nila dipilih sebagai komoditas lanjutan sistem bioflok, karena nila termasuk kelompok herbivora sehingga proses pembesarannya lebih cepat.

Budidaya ikan nila sistem bioflok memiliki sejumlah keunggulan, seperti meningkatkan kelangsungan hidup hingga lebih dari 90 persen dan tanpa pergantian air. Air bekas budidaya juga tidak berbau sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. Sistem bioflok juga mampu meningkatkan produktivitas hingga 25-30 kg/m3 dengan pemeliharaan selama 3 bulan atau 12-15 kali lipat jika dibandingkan dengan di kolam biasa yaitu sebanyak 2 kg/m3.

Dalam pelaksanaannya, tim CSR HCT selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan dinas terkait di pemerintah daerah. Dengan demikian besar harapannya program ini dapat berkembang yang kemudian menjadi contoh bagi masyarakat lain. Jika keberadaan kolam semakin banyak maka tidak mustahil program ini dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Bapak Muslim selaku Kepala Desa Pulau Pinang Utara sangat mengapresiasi realisasi program CSR yang banyak memberikan bantuan untuk usaha peningkatan ekonomi di masyarakat, utamanya di bidang perikanan air tawar. Hal ini sangat sesuai dengan program pemerintah yang diantaranya adalah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan penghasilan masyarakat. (Ditulis oleh Direktorat GRCD)