This web page requires JavaScript to be enabled.

JavaScript is an object-oriented computer programming language commonly used to create interactive effects within web browsers.

How to enable JavaScript?

Hasnur

Publikasi

Kegiatan


Tepat pada tanggal 27 Agustus 2020, Hasnur Group telah berusia 54 Tahun. Sebuah perjalanan panjang yang penuh dinamika dari perusahaan yang mengawali bisnis di bidang angkutan sungai. Nama Hasnur merupakan penggabungan nama dari Founder Hasnur Group, yaitu Almarhum Ayahanda H. Abdussamad Sulaiman HB (HAS) dan Almarhumah Ibunda Hj. Nurhayati (NUR). Beliau berdua hingga akhir hayatnya, senantiasa berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Hasnur Group dengan selalu memperhatikan kepedulian akan sesama.

HUT Hasnur Group kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Indonesia sedang dalam masa pandemi Covid-19. Atas dasar itu, maka HUT kali ini dilaksanakan dengan pembatasan-pembatasan dan memperhatikan protokol kesehatan. Namun semangat HUT KE-54 Hasnur Group tetap digaungkan oleh perusahaan kepada seluruh karyawan. 

Pada ulang tahun ke-54 ini, Hasnur Group mengusung tema “TANGKAS” (Tanggap, Adaptif, Nyata, Gigih, Kompeten, Amanah dan Syukur). Tema ini menggambarkan bahwa dalam kondisi saat ini segenap Karyawan Hasnur Group harus tanggap dan adaptif, bekerja secara nyata dan gigih serta menjadi pribadi yang kompeten, dan menjaga sebaik-baiknya amanah yang diberikan dengan senantiasa bersyukur atas segala hasil yang dicapai.

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan antar karyawan beserta manajemen sebagai satu kesatuan Keluarga Besar Hasnur Group dan juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, Hasnur Group memperingati hari jadinya dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Agustus.

Rangkaian kegiatan HUT ke-54 Hasnur Group diawali dengan perlombaan video ucapan yang diikuti oleh karyawan dan karyawati Hasnur Group yang berlangsung hingga tanggal 22 Agustus 2020. Seluruh direktorat atau entitas di bawah naungan Hasnur Group wajib mengirimkan maksimal 2 video ucapan yang kemudian diposting di media sosial yaitu instagram.

Kegiatan selanjutnya yaitu bakti sosial kemasyarakatan, dimana dalam masa Pandemi Covid-19 ini Hasnur Group membagikan 540 paket sembako dan paket new normal kit dalam rangka kepedulian terhadap kondisi saat ini. 540 paket dibagikan ke masyarakat di sekitar wilayah usaha Hasnur Group yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak dari Pandemi. Kegiatan bakti sosial ini sebenarnya merupakan tindaklanjut dari kegiatan kepedulian Hasnur Group akan Pandemi Covid-19, karena sebelumnya Hasnur Group melalui beberapa anak perusahaannya telah melaksanakan pemberian bantuan akan penanganan Covid-19, baik kepada gugus tugas maupun kepada masyarakat terdampak.

Selain bakti sosial, Hasnur Group juga  melaksanakan kegiatan santunan kepada 54 anak yatim di masing-masing wilayah usaha Hasnur Group yaitu Jakarta pada tanggal 22 Agustus 2020, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada tanggal 24 Agustus 2020. Santunan yang diberikan berupa uang tunai dan paket new normal kit. Pelaksanaan bakti sosial dan santunan anak yatim tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Hasnur Group, yaitu kegiatan ziarah ke makam Founder Hasnur Group Almarhum Ayahanda H. Abdussamad Sulaiman HB dan ke makam para Ulama dan Auliya yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 Agustus 2020 di Jakarta, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kegiatan ziarah tahun ini dibatasi pesertanya oleh Panitia karena adanya Pandemi. Adapun kegiatan ziarah di makam Founder juga disiarkan melalui aplikasi Zoom untuk internal Hasnur Group.

Masih pada tanggal 27 Agustus 2020, setelah kegiatan ziarah seluruh karyawan dan karyawati Hasnur Group mengikuti acara puncak yaitu Syukuran HUT Ke-54 Hasnur Group yang dilaksanakan secara virtual melalui kanal Youtube Hasnur Group. Hal ini memang berbeda dari tahun sebelumnya dan ini merupakan pertama kalinya Hasnur Group melaksanakan syukuran secara live streaming. Acara syukuran ini diisi oleh 3 (tiga) Habib ternama, yaitu Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo, Habib Quraisy Baharun dari Cirebon dan Guru KH. Ahmad Sanusi Ibrahim (Guru Jaro) dari Tanjung, Kalimantan Selatan. Acara disiarkan langsung dari beberapa lokasi, yaitu Kediaman Founder Hasnur Group di Kampung Melayu Darat – Banjarmasin, Kantor Pusat Hasnur Group Jakarta di Gedung Office 8, Gedung Bustanul Asyiqiin Majelis Ahbabul Musthofa – Solo, Pondok Pesantren As Shidqu – Cirebon dan Kediaman Guru Jaro – Tanjung, Kalimantan Selatan. Acara syukuran berlangsung selama 4 jam yang diisi dengan sambutan Presiden Direktur Hasnur Group, Ibu Jayanti Sari, sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak H. Sahbirin Noor, Pembacaan syair – syair maulid Nabi Muhammad SAW oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, tausiyah oleh Guru Jaro dan doa oleh Habib Quraisy Baharun.

Acara puncak HUT Ke-54 Hasnur Group ditutup dengan kegiatan shalat hajat bersama yang dilaksanakan secara serentak setelah shalat Maghrib dengan pembatasan jamaah di Kediaman Founder Hasnur Group, seluruh kantor Hasnur Group dan di rumah masing-masing karyawan yang menjalankan work from home (WFH). Meski berlangsung sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan acara syukuran HUT Ke-54 Hasnur Group tetap dilaksanakan dengan khidmat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Perusahaan senantiasa berkomitmen untuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah dan turut membantu dalam penanganan Pandemi Covid-19. Perjalanan 54 Tahun Hasnur Group diharapkan dapat terus memberikan kontribusi luas tidak hanya di dunia bisnis, akan tetapi terus memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.