This web page requires JavaScript to be enabled.

JavaScript is an object-oriented computer programming language commonly used to create interactive effects within web browsers.

How to enable JavaScript?

Hasnur

Publikasi

Press Release


HAIS juga mencatatkan 2,5 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja (zero accident).

Jakarta, 8 September 2023 - PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (“Perseroan”; IDX ticker: “HAIS”), perusahaan penyedia logistik dan transportasi laut terkemuka di Indonesia, hari ini meresmikan pengoperasian kapal tunda (tugboat) TB Hasnur 17. Penambahan armada kapal baru ini akan mendukung pencapaian target volume angkut pada 2023 sebesar 10 juta metrik ton (MT) atau kurang lebih 1.100 shipment.

Peresmian ini ditandai melalui seremoni “Tampung Tawar” yang diadakan di Sungai Puting, Tabalong, Kalimantan Selatan pada Kamis 7 September 2023. Seremoni ini dihadiri oleh jajaran Direksi PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. Seremoni Tampung Tawar sendiri merupakan tradisi Banjar yang bertujuan agar rencana yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari segala marabahaya.

Penambahan unit kapal tunda baru ini merupakan penambahan armada yang pertama dari rencana penambahan total 3 set armada kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge) pada 2023. Pengoperasian kapal tunda baru ini menambah total kepemilikkan armada kapal Perusahaan yaitu menjadi 14 set kapal tunda dan tongkang dengan kapasitas angkut bervariasi mulai dari 7.500 MT hingga 10.000 MT.

“Alhamdulillah rencana penambahan armada kapal pada tahun ini sudah mulai terealisasi. Semoga segera menyusul penambahan armada kapal baru lainnya pada triwulan 3 dan 4 tahun ini. Penambahan armada kapal ini akan mendukung pencapaian target volume pengangkutan yang sebesar 10 juta metrik ton pada 2023 ini,” ujar Direktur Operasi PT Hasnur Internasional Shipping Tbk Laorentina Devi.

Selain itu, penambahan armada kapal ini, lanjut Laorentina Devi, merupakan wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan layanan angkutan komoditas melalui sungai dan laut yang mengedepankan efektivitas dan operational excellence kepada para pelanggan Perusahaan.

TB Hasnur 17 ini memiliki kapasitas mesin 2.060 horsepower (HP) yang akan dioperasikan untuk menarik tongkang sewa 300 feet dan kapasitas angkut sebesar 8.500 MT. Sebagai informasi, armada kapal HAIS melayani transportasi angkutan komoditas, yang pada semester I 2023 lalu, didominasi oleh kargo batu bara sebesar 97% dan sisanya mengangkut kargo gypsum dan kayu.

HAIS Catat 2,5 Juta Jam Kerja Zero Accident

Pada kesempatan yang sama, PT Hasnur Internasional Shipping Tbk juga melakukan syukuran pencapaian 2,5 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja atau zero accident per 5 September 2023. Lebih rinci, PT Hasnur Internasional Shipping Tbk mampu mencapai zero acci dent selama 2.502.606 jam kerja pada periode 1 November 2021 hingga 5 September 2023. Adapun area kerja yang terhitung adalah area kerja di darat dan laut, terdiri dari karyawan darat (kantor) dan kru kapal.

“Hasnur Internasional Shipping telah menorehkan capaian baru yaitu 2,5 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja. Capaian ini merupakan wujud komitmen Perusahaan terhadap perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja karyawan,” ujar Laorentina Devi.

Perusahaan, lanjut Laorentina Devi, senantiasa melakukan berbagai upaya untuk memastikan dan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berjalan dengan baik, seperti membuat dan mengimplementasikan kebijakan K3 yang jelas dan terdokumentasi, pengidentifikasian dan pengendalian risiko, pelatihan K3, memastikan peralatan dan fasilitas K3 memenuhi standar keselamatan dan melakukan pemeliharaan, melakukan pengawasan dan audit, mempersiapkan rencana darurat dan evakuasi yang baik, evaluasi kinerja K3, dan lainnya.

“Manajemen menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen Perusahaan, baik karyawan maupun seluruh pemangku kepentingan Perusahaan yang telah disiplin menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja selama bertugas,” pungkas Laorentina Devi.